Website Resmi Bappeda Purwakarta

Jumat, 1 Agustus 2014

Memberdayakan Masyarakat Melalui Kearifan Lokal

Kabupaten Purwakarta dibawah kepemimpinan Bupati Dedi Mulyadi dinilai mampu mengembangkan keunggulan melalui kearifan lokal. “Saya kira tak ada yang salah jika kearifan lokal menjadi bagian dari proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Seperti membangun pertanian organik, menjaga kelestarian alam, mengembangkan budi pekerti anak-anak,” kata Drs. Marwan, Dirjend Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementrian Dalam Negeri.

Marwan menambahkan, ada dua hal menarik dari Kabupaten Purwakarta saat ini. “Selain menggali potensi dan pembangunan daerah melalui kearifan lokal, Purwakarta juga memiliki komitmen kuat bagaimana menyelamatkan dan mengembangkan kesenian daerah Sunda,” tuturnya.

Otonomi daerah memang memberikan ruang kepada daerah mengembangkan diri dalam meningkatkan pelayanan hingga ujungnya Indeks Pembangunan Manusia meningkat. Selain itu, Bupati Dedi Mulyadi juga membuka peranmasyarakat dalam pembangunan. “Peran itu bisa kritik, juga aktif langsung misalkan mengembangkan kesenian. Selain itu, Purwakarta kini menjadi daerah yang mampu menarik investor.

Purwakarta kini juga terkenal sebagai daerah peduli dengan budaya dan seni. Beberapa kegiatan budaya sering digelar di Purwakarta. Selain itu, Bupati Dedi Mulyadi juga terkenal di kalangan seniman nasional dan sudah tentu di Jawa Barat karena setiap Sabtu menggelar acara Safari Budaya, keliling Jawa Barat.

Hj. R. Ida Nurhaida, SPd, MM, Kepala SMA Negeri 7 Bekasi beruntung memiliki bupati yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap seni dan masyarakatnya. “Saya sangat simpati dengan sikap beliau yang memikirkan rakyat kecil. Perhatian terhadap seni budaya sangat tinggi. Sekolah kami salah satu sekolah yang dikunjunginya saat Safari Budaya,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan Drs. Sofian, Kepala SMKN 18 Garut. “Purwakarta kini menjadi daerah yang maju karena memiliki pemimpin yang kreatif dan inovatif, terutama dalam melestarikan budaya Jawa Barat, memperhatikan hal-hal prinsip yang dibutuhkan rakyat,” tutur Sofian.

Sementara itu, Drs. DidihSaefudin, MPd, Kepala SMAN 1 Rajagaluh juga mengakui perubahan yang terjadi di Purwakarta saat ini. “Pembangunan Purwakarta begitu pesat. Namun, saya lihat Purwakarta juga tetap peduli dengan seni budaya. Ini yang harus menjadi perhatian daerah lain,” kata Didih.(Sumber: Pikiran Rakyat, A-86)

 

Sentuhan Rasibu Untuk Situ Buleud

Awalnya, sekumpulan mahasiswa yang sebagian besar berasal dari Universitas Purwakarta hanya sering berdiskusi. Mereka bertukar pandangan tentang berbagai kebijakan pemerintah daerah. Tidak hanya lantang dalam mengkritik, kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Student Government (FSG) ini pun mengapresiasi  berbagai kebijakan pemerintah daerah yan meraka anggap sesuai dengan harapan masyarakat.

Penataan ulang tata ruang kota menjadi lebih indah, khas serta asri merupakan salah satu kebijakan pemerintah daerah yang mereka acungi jempol. Apalagi, saat melihat penataan ulang Situ Buleud menjadi lebih indah, dengan ornamen gapura Malati Sapasi, serta jogging track, telah menjadikan situ kebanggaan masyarakat Purwakarta itu menjadi salah satu ruang publik yang diminati warga.

Selengkapnya...
 

Pembangunan Pasar Rebo (Simpang)

Ada Sejak Pusat Pemerintahan Dialihkan. Pasar Rebo memiliki arti penitng bagi masyarakat Purwakarta. Salah satu alasan mengapa sebagian pedagang Pasar Rebo menolak dipindahkan ke Pasar Rebo Simpang, adalah karena mereka menilai Pasar Rebo memiliki nilai historis. Mereka tak sudi hengkang dari tempat yang sudah lama ditempatinya tersebut.

Hingga kini, Pasar Rebo menjadi tujuan warga Purwakarta untuk bertransaksi, terutama dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Hampir 24 jam setiap harinya, detak perekonomian di sini nyaris tak pernah padam. Sejak pukul 02.00, pasar yang konon posisinya kurang menguntungkan menurut ilmu feng shui ini (letak Pasar Rebo seperti tusuk sate, red) mulai menunjukkan denyutnya.

Selengkapnya...
 
Ingat saya
You need Flash player 6+ and JavaScript enabled to view this video.

Pembangunan di Kab. Purwakarta yang paling menonjol saat ini :
 
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini252
mod_vvisit_counterKemarin303
mod_vvisit_counterMinggu ini2821
mod_vvisit_counterMinggu lalu3365
mod_vvisit_counterBulan ini252
mod_vvisit_counterBulan lalu13470
mod_vvisit_counterSemuanya227055

Ada: 3 pengunjung online
IP Anda: 50.16.130.188
 , 
Sekarang : 01 Agu, 2014
"Klik pada Kolam untuk memberi pakan Ikan"