Website Resmi Bappeda Purwakarta

Senin, 22 September 2014

    Batik Purwakarta, Batik Kahuripan

    Surel Cetak PDF

      Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Apalagi setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia. Dalam konteks otonomi daerah, setiap daerah berlomba menciptakan corak dengan motif batik yang mengedepankan kekhasan daerah masing-masing. Motif batik haruslah menjadi kebanggaan bagi daerah yang memilikinya. Ciri khas daerah kerap muncul sebagai bentuk identitas sekaligus kebanggaan tersebut.
      Di Kabupaten Purwakarta, batik kahuripan yang menjadi ciri khas daerahnya. Motif batik ini sebenarnya merupakan sebuah karya seni yang didapat lewat sayembara  yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Purwakarta pada 2009 lalu. Motif batik tersebut merupakan hasil kreasi pegawai Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta. Batik kahuripan selama ini menjadi pakaian resmi aparat pemerintahan di Purwakarta, meski belum begitu menyebar di kalangan masyarakat. Untuk memasyarakatkan dan sekaligus melestarikan nilai-nilai kebudayaan, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2009 tentang motif dan penggunaan batik kahuripan Kabupaten Purwakarta.
      Adapun makna positif yang ada pada batik kahuripan Purwakarta adalah warna dasar hitam dan motif warna kuning emas. Dua pilar yang melambangkan dua kalimah syahadat yang bermakna hakikat dan syariat. Suhunan julang ngapak melambangkan perlindungan dan mengayomi seluruh warga. Sementara tiga lekukan di atas pilar memaknai iman, islam dan ikhsan. Motif bunga melati melambangkan kesucian dan keharuman.
      Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Hery Herawan, mengakui bahwa dinasnya menjadi pemenang sayembara menciptakan motif batik khas Purwakarta tersebut. Namun, mereka mengalami kesulitan untuk mematenkan motif produk batik kahuripan.
      Menurut dia, setelah meraih juara pertama pada lomba mendesain batik itu, ia berupaya untuk membuat hak cipta atas karya yang dihasilkannya, namun ternyata ia tak mengetahui prosedur pengurusan hak cipta tersebut.
      Ia mengakui, awalnya ide untuk menciptakan batik berkarakteristik Purwakarta itu lahir secara kebetulan. “Saat itu, ketika ada pengumuman lomba untuk membuat design batik khas Purwakarta, saya mengumpulkan seluruh staf dan hasil corat-coret inilah kemudian melahirkan model batik kahuripan ini,” kata Hery Heryawan.
      Hery mengatakan, dalam memperbanyak batik kahuripan yang dijadikan pakaian resmi pegawai di lingkungan Pemkab. Purwakarta, mereka memanfaatkan jasa pengrajin batik yang ada di luar Purwakarta. Maklum, selama ini di Purwakarta belum ada pengrajin batik.
      Hery mengakui bahwa motif khas Purwakarta itu belum menyebar di kalangan masyarakat. Kemungkinan besar karena kurang promosi atau sosialisasi. Namun, ia mengaku bangga saat batik kahuripan dikenakan dalam acara resmi di luar daerah Purwakarta, ternyata banyak mendapat acungan jempol dari orang lain dari luar Purwakarta. “Saya memiliki kebanggaan sendiri ketika mengenakan batik kahuripan di acara resmi di luar daerah” ujar Hery. (Yusuf Adji-Taufik Ilyas/ “PR”).***
      Sumber: Pikiran Rakyat, 3 Mei 2012
      Foto hanya merupakan ilustrasi, bukan bagian dari sumber berita

        • Dibaca: 2361 kali

        TCE-Plugin by www.teglo.info

        Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 31 May 2012 15:38 )  
        Ingat saya
        You need Flash player 6+ and JavaScript enabled to view this video.

        Pembangunan di Kab. Purwakarta yang paling menonjol saat ini :
         
        mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
        mod_vvisit_counterHari ini266
        mod_vvisit_counterKemarin324
        mod_vvisit_counterMinggu ini590
        mod_vvisit_counterMinggu lalu4187
        mod_vvisit_counterBulan ini9288
        mod_vvisit_counterBulan lalu16218
        mod_vvisit_counterSemuanya252309

        Ada: 3 pengunjung online
        IP Anda: 54.161.133.166
         , 
        Sekarang : 22 Sep, 2014
        "Klik pada Kolam untuk memberi pakan Ikan"