Website Resmi Bappeda Purwakarta

Selasa, 26 Juli 2016

Visi & Misi

Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun 2005-2025.

Visi adalah suatu cara pandang ke masa depan yang mengilhami setiap tindakan secara emosional dan motivasi secara positif untuk mencapai kondisi yang diinginkan di masa mendatang. Berdasarkan kondisi masyarakat Kabupaten Purwakarta saat ini, permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam 20 tahun mendatang serta dengan memperhitungkan faktor strategis dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat guna mencapai terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan mandiri, maka segenap pemangku kepentingan dan pemerintah daerah dalam pencapaian Super Goal Sejahtera dan Mandiri, telah menetapkan VISI PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG KABUPATEN PURWAKARTA TAHUN 2005-2025 yaitu:

Purwakarta cerdas, sehat, produktif dan berakhlakul karimah adalah unsur kesejahteraan (material dan spiritual) dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi dan agama. Kesejahteraan adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan demikian apabila Purwakarta menjadi lebih cerdas, sehat, produktif, dan berakhlakul karimah maka setidaknya hal tersebut telah menunjukkan arah kesejahteraan yang lebih baik.

Visi Purwakarta tersebut dapat diuraikan kedalam makna-makna berikut ini :

CERDAS. Mewujudkan Purwakarta yang cerdas adalah Purwakarta yang mampu merespon berbagai perubahan dengan cepat. Hal tersebut setidaknya tercermin dari pelaksanaan wajib belajar 12 tahun; melek huruf 100 % pada kelompok umur produktif, pendidikan yang merata dan terjangkau serta pendidikan-pendidikan yang penting bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Purwakarta.

SEHAT. Mewujudkan Purwakarta yang sehat adalah mewujudkan masyarakat yang mampu melakukan aktivitas keseharian dengan baik; mempunyai jaminan pelayanan kesehatan serta memiliki sistem kesehatan lingkungan yang baik dan merata. Sebagai indikator adalah meningkatkan Angka Harapan Hidup dan indikator turunan berupa Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI), tingkat kesakitan, pelayanan kesehatan dan kondisi lingkungan kesehatan.

PRODUKTIF. Mewujudkan Purwakarta yang produktif adalah masyarakat yang mampu bekerja (tidak menganggur) pada usia produktif, berprestasi, mempunyai produktivitas tinggi, kreatif dalam memanfaatkan peluang ekonomi dan sumber daya secara optimal.

BERAKHLAKUL KARIMAH. Mewujudkan Purwakarta yang berakhlakul karimah adalah masyarakat yang marhamah, yakni masyarakat yang agamis, penuh kedamaian, kasih sayang, membangun tatanan kehidupan yang sehat, sejahtera lahir dan batin menurut tuntunan ajaran agama.

 

Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Jangka Panjang tersebut maka disusun 5 Misi Pembangunan Purwakarta Tahun 2005-2025, yaitu:

1. Meningkatkan Kualitas SDM yang Berpendidikan dan Berakhlakul Karimah.

2. Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat dan Kualitas Lingkungan Hidup.

3. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Yang Berdaya Saing dan Berbasis Potensi Lokal.

4. Meningkatkan Ketersediaan Infrastruktur dan Penataan Wilayah.

5. Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Yang Efektif, Efisien, Bersih dari KKN dan Memiliki Kepedulian Terhadap Masyarakat.

Visi dan Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Purwakarta Tahun 2008-2013

Visi

Dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang yang menjadi isu strategis dan mengacu pada arah pembangunan tahap ketiga pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Purwakarta Tahun 2005-2025 serta memperhatikan Visi Misi Kepala Daerah terpilih yang dikampanyekan pada saat pemilihan umum Kepala Daerah, juga sebagai antisipasi untuk menjawab permasalahan umum daerah dimasa mendatang, maka Visi Pembangunan Jangka Menengah Periode 2013-2018 adalah sebagai berikut:

"PURWAKARTA BERKARAKTER”

Visi Pembangunan Kabupaten Purwakarta Tahun 2013-2018 ini menjadi arah cita-cita bagi pembangunan yang secara sistematis bagi penyelenggara pemerintahan daerah dan segenap pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Purwakarta. Adapun Penjelasan dari Visi “PURWAKARTA BERKARAKTER” ini adalah merupakan pola pembangunan terintegrasi yang didasarkan pada persenyawaan nilai dasar tanah, air, udara dan matahari sebagai basis penciptaan manusia yang tercermin dari tata kota dan bangunan, tata kelola pemerintahan, tata kehidupan masyarakat yang berorientasi pada kemanunggalan, keparipurnaan dan kemuliaan sebagai bentuk pertanggungjawaban keterwakilan manusia di muka bumi yang dipilih oleh Allah SWT sebagai makhluk yang istimewa.

Misi

Secara harfiah Misi berarti serangkaian tujuan terukur dan terstruktur dalam upaya mewujudkan visi. Dengan merujuk ketentuan yang sama seperti di awal Bab ini, Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Kalimat misi mengandung makna yang menggambarkan kebutuhan, keinginan dan harapan prioritas masyarakat dalam rangka pencapaian visi.

Pernyataan misi disampaikan agar tidak terjadi multi tafsir atau salah tafsir mengenai maksud dan tujuan yang terkandung didalamnya, berkaitan dengan batas dan maksud realistis yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan masyarakat. Pernyataan misi bertujuan untuk mengkomunikasikan eksistensi dan arah yang ingin dituju.

 

Misi Pertama :

Mengembangkan Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal yang Bernilai Religiusitas, Berorientasi Pada Keunggulan Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan Sosial dan Pemerataan Ekonomi yang Berkeadilan Bagi Seluruh Masyarakat

Pengertian dari Misi ini adalah pengembangan pembangunan yang berbasis kearifan lokal yang bernilai religiusitas yang dapat ditempuh dengan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan, meningkatkan peran aktif seluruh stakeholders dalam pembangunan mental masyarakat, meningkatkan dan tetap mempertahankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui pembangunan di sektor ekonomi yang berkelanjutan.


Misi Kedua :

Pengembangan Struktur Wilayah dan Tata Ruang yang Berorientasi Pada Keutuhan Lingkungan Baik Hulu Maupun Hilir serta Unsur Tanah, Air, Udara dan Matahari.

Pengertian dari Misi ini adalah pengembangan struktur wilayah yang tetap memperhatikan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan/atau aspek fungsional; pengembangan susunan pusat-pusat pertumbuhan dan sistem jaringan prasarana dan sarana yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat; serta pelaksanaan perencanaan tataruang, pemanfaatan ruang dan pengendalian pemanfaatan tata ruang yang tetap menjaga keutuhan lingkungan baik hulu maupun hilir serta unsur tanah, air, udara dan pencahayaan matahari.

Misi Ketiga :

Mengembangkan Struktur Pemerintahan yang Berorientasi Kepuasan Pelayanan Publik Berbasis Perdesaan yang Berorientasi Kemakmuran Rakyat.

Pengertian dari Misi ini adalah mengembangkan struktur pemerintahan dengan peningkatan capaian dan optimalisasi pelayanan publik sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan dalam kerangka perencanaan pembangunan yang cepat, tanggap, efektif, efisien, berdaya dan berhasilguna.

Peningkatan kualitas menjamin penyediaan dan pemenuhan hak kebutuhan dasar penduduk dalam kerangka pencapaian kepuasan pelayanan publik yang meliputi pelayanan administrasi kependudukan, perlindungan jaminan kesehatan, hari tua dan kematian, pemberian bantuan pembangunan rumah tidak layak huni, pemberian bantuan modal peternakan/modal usaha, pendidikan gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah sampai tingkat SMA, beasiswa bagi siswa/mahasiswa berprestasi istimewa.

Sementara itu pemberian hak, wewenang dan kewajiban desa untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati yang berorientasi pada kemakmuran masyarakat perdesaan.

 

Strategi Kebijakan

Prioritas Pembangunan Kabupaten Purwakarta untuk Tahun 2014 merupakan tindak lanjut atau dalam rangka mendukung program pembangunan lanjutan yang nantinya akan dituangkan dalam Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013 – 2018.

Prioritas pembangunan tersebut dirumuskan dalam “9 Tangga Cinta Purwakarta Istimewa “ yang terdiri atas :

  1. Peningkatan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah melalui bantuan pembangunan rumah tidak layak huni, pemberian bantuan modal peternakan/modal usaha.
  2. Perlindungan jaminan kesehatan, hari tua dan kematian bagi seluruh masyarakat, peningkatan kualitas puskesmas rawat inap dan pembentukan Bank Gizi di setiap puskesmas.
  3. Pengembangan sistem penyelenggaraan pendidikan yang berbasis kearifan lokal yang bernilai religiositas melalui pengenalan baca tulis Al-Qur`an sejak dini, integrasi pendidikan dasar 9 tahun, penguatan nilai 7 hari istimewa, pendidikan gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah sampai tingkat SLTA, beasiswa bagi siswa / mahasiswa berprestasi istimewa, optimalisasi bantuan kelembagaan sosial dan keagamaan sebagai basis ketahanan kultur / tradisi serta peningkatan kualitas hidup para pendidik tradisi (guru ngaji, muazin, imam jum`at, khotib dan lain-lain).
  4. Pengembangan sistem pertanian organik di 17 kecamatan yang terintegrasi dengan sistem kehutanan, perkebunan, peternakan, perikanan dan ketahanan energi serta penguatan pusat pengobatan tradisional dan lumbung obat tradisional di Kecamatan Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa, Kiarapedes dan Darangdan.
  5. Penyempurnaan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, jaringan listrik, drainase perkotaan serta pengembangan sistem dan jaringan air bersih siap minum bagi masyarakat.
  6. Pengembangan layanan administrasipemerintahan yang berbasis perdesaan melalui penguatan Sistem E - Government sampai tingkat RT, Penguatan peran desa sebagai basis otonom Negara melalui program investasi desa, serta Peningkatan kualitas hidup Kepala Desa/Perangkat Desa, Bamusdes, LPM, Karang Taruna, Tim Penggerak PKK, Linmas, Kader Posyandu, Kadus, RW dan RT.
  7. Pengembangan program investasi melalui penguatan dan pembukaan kawasan industri baru meliputi Kecamatan Bungursari, Campaka, Cibatu, Babakan Cikao, Jatiluhur, Sukatani, Plered, Tegalwaru, serta pengembangan Kawasan Kota Hijau (Green City) di Kecamatan Pondoksalam, Sukatani, Darangdan, Bojong dan Wanayasa.
  8. Pengembangan Purwakarta sebagai Kabupaten Pariwisata melalui penataan ruang publik, penataan bangunan perkantoran, penataan kawasan GOR Purnawarman, penyempurnaan Masjid Agung Purwakarta, pengembangan pusat kuliner berbasis tradisi, penataan kawasan perdagangan ciri khas Purwakarta Kecamatan Sukatani dan Bungursari, pengembangan Jatiluhur, Sukasari, Tegalwaru, Sukatani, sebagai daerah pariwisata berbasis hutan dan air, penataan Situ Bungursari, penyempurnaan kawasan Situ Buleud, Situ Wanayasa, Situ Cikumpay, Situ Cigangsa, serta Penataan Kawasan Wisata Hutan Cirende, Wanawali dan Cibukamanah.
  9. Penguatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan Pasar Tradisional Leuwipanjang, Maniis, Sukatani, Bojong, Wanayasa, Pasawahan, Darangdan, Cibatu dan Campaka serta Penyempurnaan penataan pusat perbelanjaan Pasar Jumat.

 

 

Prioritas Daerah

Dengan memperhatikan permasalahan dan isu strategis daerah, penyusunan prioritas pembangunan perlu dilakukan mengingat upaya mengatasi permasalahan pembangunan daerah berdasarkan masing-masing isu strategis tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya antara lain karena kendala keterbatasan anggaran pembangunan, waktu dan sumberdaya manusia. Untuk itu prioritas pembangunan harus merupakan upaya terpilih yang diproyeksikan dapat mengatasi permasalahan pada masing-masing isu secara optimal pada tahun 2010.

Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, maka prioritas pembangunan Kabupaten Purwakarta Tahun 2010 sebagaimana terdapat dalam dokumen RKPD Kabupaten Purwakarta Tahun 2010, adalah sebagai berikut :

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan Bagi Masyarakat dengan Penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun dan Perintisan Wajar Dikdas 12 Tahun

2. Peningkatan dan Pemerataan Pelayanan Dasar Kesehatan bagi Masyarakat

3. Pemberdayaan Penduduk Miskin

4. Optimalisasi Pengendalian Pengangguran dengan Peningkatan Peluang Investasi untuk Perluasan Kesempatan Kerja

5. Optimalisasi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

6. Peningkatan Aksesibilitas Prasarana Infrastruktur Wilayah

Dengan mempertimbangkan aspek wilayah maka prioritas pembangunan daerah Kabupaten Purwakarta pada tahun 2010 dapat diaktualisasikan kedalam program-program yang telah ditetapkan sebagai berikut :

1. Program Setiap SKPD

a) Program Pelayanan Administrasi Perkantoran.

b) Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.

c) Program Peningkatan Disiplin Aparatur.

d) Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.

e) Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan.

2. Urusan Wajib :

a) Pendidikan :

· Program Pendidikan Anak Usia Dini

· Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun

· Program Pendidikan Menengah

· Program Pendidikan Non Formal

· Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

· Program Manajemen Pelayanan Pendidikan

b) Kesehatan :

· Program Obat dan Perbekalan Kesehatan

· Program Upaya Kesehatan Masyarakat

· Program Pengawasan Obat dan Makanan

· Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

· Program Perbaikan Gizi Masyarakat

· Program Pengembangan Lingkungan Sehat

· Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular

· Program Pelayanan Kesehatan Penduduk Miskin

· Program Pengadaan, Peningkatan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Puskesmas/Puskesmas Pembantu dan Jaringannya

· Program Kemitraan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

· Program Peningkatan Pelayanan Kesehatan Anak Balita

· Program Peningkatan Keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak

· Program Standarisasi Pelayanan Kesehatan

· Program Pengadaan, Peningkatan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit/ Rumah Sakit Jiwa/Rumah Sakit Paru-Paru/Rumah Sakit Mata

· Program Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Rumah Sakit/Rumah Sakit Jiwa/Rumah Sakit Paru-Paru/Rumah Sakit Mata

· Program Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi

c) Pekerjaan Umum :

· Program Pembangunan Jalan dan Jembatan

· Program Pembangunan Jalan dan Jembatan (Tambahan)

· Program Rehabilitasi/Pemeliharaan Jalan dan Jembatan

· Program Inspeksi Kondisi Jalan dan Jembatan

· Program Tanggap Darurat Jalan dan Jembatan

· Program Peningkatan Sarana dan Prasarana ke-Binamarga-an

· Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya

· Program Pembangunan Saluran Drainase/Gorong-Gorong

· Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan

· Program Penanggulangan Nasional Pemberdayaan Masyarakat

d) Perumahan :

· Program Pengembangan Perumahan

· Program Penataan Bangunan dan Lingkungan

· Program Peningkatan Kesiagaan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran

e) Penataan Ruang :

· Program Pengendalian Pemanfaatan Ruang

f) Perencanaan Pembangunan :

· Program Pengembangan Data/Informasi

· Program Pengembangan Wilayah Perbatasan

· Program Perencanaan Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh

· Program Perencanaan Pembangunan Daerah

· Program Perencanaan Pembangunan Ekonomi

· Program Perencanaan Sosial Budaya

· Program Perencanaan Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam

g) Perhubungan :

· Program Pembangunan Prasarana dan Fasilitas Perhubungan

· Program Rehabilitasi dan Pemeliharaan Prasarana dan Fasilitas LLAJ

· Program Peningkatan Pelayanan Angkutan

· Program Peningkatan dan Pengamanan Lalu Lintas

· Program Pengendalian dan Pengamanan Lalu Lintas

h) Lingkungan Hidup :

· Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup

· Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam

· Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup

· Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan

· Program Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH)

i) Kependudukan dan Catatan Sipil :

· Program Penataan Administrasi Kependudukan

j) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak :

· Program Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak

k) Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera :

· Program Peningkatan Kualitas Hidup dan Perlindungan Perempuan

· Program Pengembangan Lembaga Ekonomi Pedesaan

· Program Keluarga Berencana

· Program Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak

· Program Penyediaan Bahan Logistik Kantor

l) Sosial :

· Program Pelayanan dan Rehabilitasi Kesejahteraan Sosial

· Program Pemberdayaan Kelembagaan Kesejahteraan Sosial

m) Ketenagakerjaan :

· Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja

· Program Peningkatan Kesempatan Kerja

· Program Perlindungan Pengembangan Lembaga Ketenagakerjaan

· Program Pembinaan Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja

n) Koperasi dan Usaha Kecil Menegah :

· Program Penciptaan Iklim Usaha Kecil Menengah yang Kondusif

· Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif Usaha Kecil Menengah

· Program Pengembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah

· Program Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi

o) Penanaman Modal :

· Program Peningkatan Promosi dan Kerjasama Investasi

· Program Peningkatan Iklim Investasi dan Realisasi Investasi

· Program Peningkatan Mutu Pelayanan Perijinan

p) Kebudayaan :

· Program Pelestarian dan Pembinaan Seni Budaya

· Program Pembangunan Keragaman Budaya

q) Pemuda dan Olah Raga :

· Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan

· Program Peningkatan Sarana dan Prasarana

· Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga

r) Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri :

· Program Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

· Program Pemeliharaan Kantrantibmas dan Pencegahan Tindak Kriminal

· Program Peningkatan Pemberantasan Penyakit Masyarakat (PEKAT)

· Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan

· Program Pendidikan Politik Masyarakat

s) Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian :

· Program Peningkatan Pelayanan Kedinasan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah

· Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Kabupaten/Kota

· Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH

· Program Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi

· Program Penataan Peraturan Perundang-Undangan

· Program Pendidikan Kedinasan

· Program Koordinasi Implementasi Pembangunan Ekonomi Daerah

· Program Peningkatan Kinerja Organisasi Perangkat Daerah

· Program Peningkatan Kapasitas Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah

· Program Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah

· Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Kabupaten/Kota

· Program Peningkatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

· Program Pembinaan dan Pengembangan Aparatur

t) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa :

· Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan

· Program Pengembangan Lembaga Ekonomi Pedesaan

· Program Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Membangun Desa

· Program Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa

· Program Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa

· Program Pembinaan Kelembagaan Desa

u) Statistik

v) Kearsipan :

· Program Penyelamatan dan Pelestarian Dokumen/Arsip Daerah

· Program Pemeliharaan Rutin/Berkala Sarana dan Prasarana Kearsipan

w) Komunikasi dan Informatika :

· Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa

· Program Fasilitasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Bidang Komunikasi dan Informasi

x) Perpustakaan :

· Program Pengembangan Budaya Baca dan Pembinaan Perpustakaan

3. Urusan Pilihan :

a) Pertanian :

· Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

· Program Peningkatan Ketahanan Pangan Pertanian/Perkebunan

· Program Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Pertanian/Perkebunan

· Program Peningkatan Penerapan Teknologi Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan

· Program Peningkatan Produksi Pertanian/Perkebunan

· Program Pemberdayaan Penyuluh Pertanian/Perkebunan Lapangan

· Program Peningkatan Ketahanan Pangan

· Program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ternak

· Program Peningkatan Produksi Hasil Peternakan

· Program Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan

b) Kehutanan :

· Program Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Hutan

· Program Pembinaan dan Penertiban Industri Hasil Hutan

· Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Hutan

· Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan

c) Energi dan Sumber Daya Mineral :

· Program Pembinaan dan Pengawasan Bidang Pertambangan

· Program Pengawasan dan Penertiban Kegiatan Rakyat yang Berpotensi Merusak Lingkungan

· Program Pembinaan dan Pengembangan Bidang Ketenagalistrikan

· Program Inventarisasi dan Survey Pemanfaatan Bahan Tambang, Air Bawah Tanah dan Energi

· Program Pembinaan dan Pengawasan Bidang Mineral, Air Tanah dan Panas Bumi

· Program Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian Geologi

d) Pariwisata :

· Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata

e) Kelautan dan Perikanan :

· Program Pengembangan Budidaya Perikanan

· Program Pengembangan Perikanan Tangkap

f) Perdagangan :

· Program Peningkatan dan Pengembangan Ekspor

· Program Peningkatan Efisiensi Perdagangan Dalam Negeri

· Program Penataan Infrastruktur Perdagangan dan Usaha Serta Lembaga Perdagangan

· Program Perlindungan Konsumen dan Pengamanan Perdagangan

· Program Pembinaan Pedagang Kaki Lima dan Asongan

g) Industri :

· Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah

· Program Peningkatan Kemampuan Teknologi Industri

· Program Pengembangan Sentra-Sentra Industri Potensial

· Program Peningkatan Kapasitas IPTEK Sistem Produksi

· Program Pentaan Struktur Industri

· Program Pengendalian Pencemaran Limbah Industri

h) Ketransmigrasian

· Program Transmigrasi Regional

 
Ingat saya
You need Flash player 6+ and JavaScript enabled to view this video.

Pembangunan di Kab. Purwakarta yang paling menonjol saat ini :
 
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini24
mod_vvisit_counterKemarin234
mod_vvisit_counterMinggu ini817
mod_vvisit_counterMinggu lalu1521
mod_vvisit_counterBulan ini5082
mod_vvisit_counterBulan lalu7785
mod_vvisit_counterSemuanya1534744

Sedang Online : 2
IP Anda 54.196.100.174
,
Sekarang: Jul 26, 2016
"Klik pada Kolam untuk memberi pakan Ikan"